placeholder+image

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan beserta jawaban yang mungkin dapat membantu di tengah pandemi Covid-19. Klik dibawah ini untuk memilih beberapa kategori pertanyaan :




Seputar Covid-19

1 . Apa itu virus corona ?

Virus corona atau coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan beberapa penyakit. Diantaranya adalah flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome ( MERS-CoV), Acute Respiratory Syndrome ( SARS-CoV), hingga yang terbaru, Covid-19.

2 . Kapan virus corona di temukan ?

Virus corona pertama yang menginfeksi manusia di identifikasi pada pertengahan tahun 1960-an.

3 . asal muasal nama virus corona ?

Jika merujuk pada "keluarga virus", corona termasuk dalam subfamily Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae. Nama coronavirus sendiri berasal dari bahasa latin "corona" dan Yunani "Korine" yang bermakna mahkota atau lingkaran cahaya.

4 . Jenis-jenis virus corona ?

Berikut ini jenis-jenis virus corona yang dapat menginfeksi manusia yang dikutip dari laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) :

  1. 229E (alpha coronavirus).
  2. NL63 (alpha coronavirus).
  3. OC43 (beta coronavirus).
  4. HKU1 (beta coronavirus).
  5. MERS-CoV (beta coronavirus yang menyebabkan MERS).
  6. SARS-CoV (beta coronavirus yang menyebabkan SARS).
  7. SARS-CoV-2 (novel coronavirus yang menyebabkan COVID-19).

Beberapa tips penanggulangan Covid-19

1 . Umur virus corona ?

Salah satu peneliti ahli epidermologi di University of North Corolina, Rachel Graham mengatakan umur tepat virus tergantung pada banyak faktor, termasuk suhu, kelembapan, dan jenis permukaan di sekitarnya.

Dalam kasus virus corona SARS, virus dapat bertahan hidup selama 2 hari pada baja, 4 hari pada kayu dan kaca, serta 5 hari pada logam, plastik, dan keramik. Para peneliti juga menemukan bahwa satu strain corona SARS bertahan hingga sembilan hari, pada permukaan plastik dengan suhu ruangan yakni 20-25 derajat celcius. Tapi virus tersebut hanya bertahan antara 2-8 jam pada almunium dan kurang dari 8 jam pada lateks.

2 . Bagaimana tips mencegah terinfeksi virus corona ?

  1. Sering mencuci tangan.
  2. Terapkan social distancing.
  3. Menggunakan masker.
  4. Mencaga daya tahan tubuh.
  5. Tidak pergi ke daerah atau negara terjangkit.
  6. Menghindari kontak dengan hewan berpotensi menularkan coronavirus.

3 . Apa saja gejala coronavirus (2019-nCoV) ?

Gejala umum berupa demam (>38C), batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak nafas.

4 . Apakah bisa manusi terinfeksi virus corona dari hewan ?

Menurut pantauan WHO, situasi untuk mengidentifikasi bagamana orang-orang terpapar. Saat ini tidak ada bukti langsung bahwa kasus manusia terpapar melalui kontak langsung dengan hewan karena hewan penularnya belum di ketahui.

5 . Apakah sudah ada pembatasan untuk bepergian ke China ?

Per 31 Januari 2020 WHO telah menetapkan 2019-nCoV sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kegawat daruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. WHO menyatakan tidak membatasi negara-negara lain untuk perjalanan dan perdagangan ke China. Namun demikian pelaku perjalan ke China harus tetap waspada selama di China dan menjaga kesehatanya. Atau di sarankan untuk menunda perjalanan ke China karena resiko virus corona masih sangat tinggi di China.

6 . Haruskah saya memakai masker ?

Penggunaan masker sangatlah di perlukan, terutama jika anda sedang sakit. Penggunaan masker juga sangat penting terutama pada orang yang berusia lebih dari 65 tahun dan orang yang kelebihan berat badan dengan indeks masa tubuh lebih dari 30, karena rentan terkena virus.

Menurut Hoe Nam, "Sejujurnya virus bisa tersebar kapan saja, tetapi kemungkinan penularanya rendah (bagi orang sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi)".

7 . Apakah Disinfektan dapat membunuh virus corona ?

Disinfektan hanya dapat diterapkan pada benda mati atau bahan mati seperti instrumen dan permukaan yang mengendalikan dan mencegah infeksi. Disinfektan hanya di gunakan pada permukaan benda mati seperti permukaan meja, gagang pintu dan lainya untuk membunuh mikroorganisme yang hidup pada permukaan benda tersebut seperti virus corona.

8 . Apakah Antiseptik dapat membunuh virus corona ?

Antiseptik digunakan pada organisme hidup, seperti kulit manusia. Cairan antiseptik dapat membunuh microorganisme seperti virus yang hidup pada permukaan tubuh.

9 . Perbedaan penggunaan Disinfektan dan Antiseptik ?

Disinfektan hanya di gunakan untuk permukaan benda mati seperti gagang pintu, permukaan meja dan lain sebagainya. Sedangkan Antiseptik di gunakan untuk organisme hidup seperi kulit manusia. Kesimpulanya Disinfektan tidak dianjurkan penggunaanya untuk tubuh manusia.

Istilah-istilah yang berkaitan dengan Covid-19

1 . Apa sih Covid-19 itu ?

Di lansir dari The Sun, Covid-19 merupakan singkatan dari Corona (CO), Virus (VI), dan Disease (D) dan tahun 2019 (19) yang merupakan tahun puncak mewabahnya virus corona ini.

2 . Apa sih OTG ?

OTG merupakan singkatan dari Orang Tanpa Gejala. Orang yang termasuk dalam kategori OTG tidak memiliki gejala namun memiliki resiko tertular dari orang yang berkategori positif COVID-19. OTG biasanya memiliki kontak erat dengan kasus positif COVID-19.

3 . Apa sih ODP itu ?

ODP merupakan singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Orang yang termasuk dalam kategori ODP biasanya mengalami demam (>38C) atau riwayat demam, gangguan sistem pernafasan, dan 14 hari sebelum timbul gejala ODP memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara atau wilayah yang terinfeksi virus corona. Dan ODP memiliki riwayat kontak kasus dengan positif.

4 . Apa sih PDP itu ?

PDP merupakan singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Orang yang termasuk dalam kategori PDP memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Infeksi saluran pernafasan.
  2. Demam atau riwayat demam (>38C).
  3. Batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan, pilek, pneumonia ringan hingga berat.
  4. Sebelum 14 hari timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara atau wilayah yang terinfeksi virus corona.
  5. Orang yang mengalami pneumonia berat membutuhkan perawatan di rumah sakit.

5 . Rapid Test ?

Berikit ini yang termasuk dalam kategori Rapid test ?

  1. Parameter yang di uji : Imunoglobin dalam darah.
  2. Hasil uji keluar dalam hitungan menit.
  3. Akurasi tes ini kurang akurat.
  4. Sarana uji tes ini bisa dimana saja.

6 . Swab Test ?

Berikut ini adalah yang termasuk dalam kategori Swab Test :

  1. Parameter yang di uji adalah DNA virus corona.
  2. Hasil uji tes bisa keluar dalam waktu beberapa hari.
  3. Tingkat akurasi sangat tinggi.
  4. Sarana uji tes harus Laboratorium BSL 2.

7 . Apa pengertian Isolasi ?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), isolasi merupakan langkah memisahkan antara orang diduga hingga positif penyakit menular dengan orang sehat.

Dalam istilah medis, isolasi berarti salah satu beberapa tindakan yang diambil untuk menerapkan pengendalian infeksi.

8 . Apa itu karantina ?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). karantina merupakan langkah memisahkan dan membatasi pergerakan orang yang diduga memiliki penyakit menular guna melihat apakah orang tersebut benar terinfeksi atau tidak.

9 . Apa itu Lockdown ?

Lockdown berarti mengunci suatu daerah atau kawasan untuk mencegah (manusia) masuk dan keluar.

10 . Apa itu PSBB ?

PSBB adalah singkatan dari pembatasan sosial bersekala besar.

Dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti saat ini, beberapa daerah sudah menerapkan PSBB seperti Bogor, Depok, DKI Jakata dan lain sebagainya.

11 . Apa itu pandemi ?

Pandemi adalah suatu wabah penyakit global.

Menurut World Health Organization (WHO), pandemi dinyarakan ketika penyakit baru menyebar di seluruh dunia melampaui batas.

Pertanyaan-pertanyaan lainya yang berkaitan dengan Covid-19

1 . Apakah pasien sembuh COVID-19 tidak akan terpapar kembali ?

Prinsip umum virus, ketika virus masuk kedalam tubuh, tubuh akan membentuk antibodi untuk sistem pertahanan tubuh. Kemudian jika virus tersebut masuk lagi kedalam tubuh kita dan jika antibodi didalam tubuh kita terhadap virus tersebut lebih besar maka tubuh akan sehat kembali meskipun virus tersebut masuk lagi.

2 . Apakah golongan darah O lebih kuat menahan serangan virus corona ?

Sebenarnya kerentanan virus corona terhadap golongan darah di picu dari persentase data yang berasal dari cina. Dimana yang terinfeksi virus corona dengan golongan darah A cukup besar yaitu mencapai 38%, dan persentase yang terkena virus corona dengan golongan darah O hanya 25%. Dari jurnal tersebut dapat dikatakan persentase golongan darah O lebih sediki yang terinfeksi, namun ini hanya menjadi pedoman untuk studi pendahulu dan bukan berarti golongan darah O lebih kebal terhadap virus corona.

3 . Bagaimana cara kita membantu mempertahankan dan memproduksi imun tubuh kita ?

  1. Makan makanan yang bergizi.
  2. Olahraga teratur.
  3. Istirahat cukup.
  4. Banyak minum air putih.
  5. Selalu berfikir positif.

4 . Apakah virus corona dapat menular melalui udara atau airborne ?

Untuk saat ini WHO menyatakan virus corona tidak menyebar melalui udara atau airborne, meskipun virus dapat bertahan di udara selama beberapa jam. Karena yang terjadi saat ini virus corona hanya di tularkan melalui droplets, yaitu percikan lendir atau air liur dari bersin dan batuk oleh orang yang terinfeksi virus corona.